Sabtu, 03 Mei 2014

14.52


Menyebut nama Manchester City, hal pertama yang kita ingat adalah keglamoran skuat yang disokong oleh dana tak terbatas taipan minyak asal Arab. Belakangan prestasi juga mulai dipetik dalam kancah domestik.

Namun jika kita memutar waktu ke belakang pada medio hingga akhir 90-an, suara nama klub dengan jersey biru langit itu tak senyaring sekarang. Bahkan bagi mereka yang baru jadi pendukung Manchester United, mungkin tidak sadar jika United memiliki tetangga, yang saat itu belum gaduh.

Ya, City merupakan klub yang masuk dalam golongan medioker kala itu. Bagaimana tidak, pada 2 Mei 1998 atau 16 tahun yang lalu The Citizens resmi jadi tim penghuni kasta ketiga Liga Inggris! Atau saat itu disebut sebagai Division Two.

                      Joe Royle, bawa Manchester City terjun dan terbang di Liga Inggris

Terlempar dari ketatnya persaingan Liga Primer Inggris pada musim 1995/96, City jadi pesakitan di Division One. Gonta-ganti manajer klub dilakukan manajemen klub yang tak puas dengan ambisi mereka untuk kembali ke EPL.

Hasilnya sungguh buruk. Dimulai dari pemecatan Alan Ball pada awal musim 1996/97, ia kemudian digantikan Steve Coppell yang akhirnya mundur beberapa pekan kemudian, karena menganggap pekerjaan sebagai manajer City membuat seseorang menjadi stres. Frank Clark mantan manajer Nottingham Forest, akhirnya jadi manajer tetap yang membawa Ian Bishop cs menyelesaikan musim di posisi ke-14.

Sayangnya Clark juga kembali dibebas tugaskan di akhir musim 1997/98 atau tepatnya pada Februari 1998. Posisinya kemudian digantikan mantan manajer Everton dan Oldham City, Joe Royle.

Pergolakan terus berlanjut hingga pada akhirnya City resmi terdegradasi ke kasta ketiga Liga Inggris pada 2 Mei 1998. Di akhir musim mereka menempati posisi kedua dari dasar klasemen, hanya terpaut satu poin saja dari Port Vale, Porsmouth, dan Stoke City yang berada di satu tingkat di atasnya.

Pada pekan terakhir City memang sukses mengalahkan Stoke 5-2, namun di saat bersamaan Port Vale dan Porsmouth juga memetik kemenangan. Sehingga City harus turun ke kasta ketiga, terpaut satu poin saja dari posisi aman.

Royle ternyata berhasil mengangkat City kembali dalam waktu singkat. Kembali ke Division One semusim berselang dan menembus EPL pada musim 1999/00. Sayang dirinya harus dipecat tatkala The Sky Blues harus kembali turun ke kasta kedua di musim 2000/01.

0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa posting komentar