Jumat, 25 April 2014

22.38

Catatan Transfer: Liverpool Ungguli Chelsea Dan Manchester City Dalam Efektivitas Bursa Transfer



AKTIVITAS TRANSFER
Tim

Chelsea
Tottenham
Man City
Man Utd
Liverpool
Arsenal
Everton

Dana


€130m
€127m
€110m
€74m
€55m
€52m
€21m

Poin

75
63
74
57
80
70
69
Posisi

2
6
3
7
1
4
5
Sejak hijrah ke Anfield dan muncul di acara dokumentasi ‘Being: Liverpool’, Brendan Rodgers menjadi pelopor dalam meneruskan ide kepelatihan ini. Dia memang bukan pelatih pertama yang difilmkan di lapangan saat memberikan instruksi, mendiskusikan ide dan memberikan saran tapi ada beberapa anekdot bahwa dia bukan sekadae pelatih muda asa; Irlandia Utara biasa; tapi evolusi yang terjadi pada timnya membuktikan semuanya.

Suksesnya musim ini membuat The Reds unggul atas City dan Chelsea dan membuktikan bahwa uang tidak selamanya dapat memberi gelar.

Ketika Rodgers berpeluang mempersembahkan trofi bergengsi, salah satu pelatih yang paling dihormati, Manuel Pellegrini kemungkinan hanya menutup musim 2013/14 dengan gelar Piala Liga.

Kisah ini juga terjadi pada Everton, di mana Roberto Martinez menggantikan David Moyes dan menghabiskan 21 juta euro. Keputusannya dalam peminjaman pemain mendapat banyak pujian, tapi di lapangan prestasi The Toffees membuktikan bakat pria asal Spanyol.

Everton sukses mempermalukan Manchester United akhir pekan lalu, dengan menggunakan penguasaan dan mengorbankan bola untuk mendapat kesempatan serangan balik. Dia telah menunjukkan mampu beradaptasi dan menunjukkan fleksibilitas di pertandingan.

Banyak yang kaget dengan keputusan Tony Pullis gabung Crystal Palace pada November 2013. Mengapa ada orang yang bersedia menerima tantangan di Selhurst Park dan berharap bisa mempertahankan The Eagles di Liga Primer? Well, pria asal Wales membuktikannya dan secara matematika dia telah mengamankan posisi tim dengan sisa empat pertandingan.

Bicara kepada reporter di Upton Park setelah klub meraih kemenagan kelima beruntun pada Sabtu lalu, Pulis menjelaskan: “Kami duduk dan melihat kekuatan dan kami bekerja dengan sistem yang cocok dengan mereka. Anda harus kuat dan ulet tapi kami memiliki kecepatan bagus dalam serangan balik.

“Mereka benar-benar membeli apa yang coba kami lakukan. Mereka bekerja sangat keras di sesi latihan, Anda harus bekerja sangat, sangat keras.

“Mereka muak dengan beberapa pekan tanpa memiliki hari libur dan banyak hal yang akan membuat banyak orang bosan. Tapi mereka melakukannya dan mendapatkan hasil.”

Situasi ini kontra dengan dua pelatih kenamaan Moyes dan Andre Villas-Boas; dua kisah menyedihkan musim ini.

Moyes dipecat di Old Trafford pada Selasa pagi, mengakhiri masa jabatan singkat yang jauh dari kata menyenangkan. Tidak ada bukti bahwa Moyes tahu bagaimana United main dengan permainan menyerang seperti yang biasa dilihat di bawah Sir Alex Ferguson. Klub menghabiskan lebih dari 75 juta euro dan tidak ada indikasi perkembangan di tim.

Tottenham termasuk salah satu kuda hitam saat pramusim. Mimpi juara mulai menyeruak di White Hart Lane; dengan menghabiskan 127 juta euro untuk menggantikan Gareth Bale diyakini akan membuat skuat Spurs lebih mumpuni.  Kenyataannya jauh dari harapan, kritik secara reguler berdatangan menyoroti gaya pelatih asal Portugal.

Tidak ada yang membantah bahwa Villas-Boas adalah pelatih aktif dan dalam video di sesi latihan pertama di Zenit menunjukkan dia memiliki tekad yang sama, yang ditunjukkan di pinggir lapangan Spirs. Namun, ini tidak pernah ditransfer menjadi semacam kemajuan yang dibuat di Anfield.

Dengan dana 55 juta euro yang dikeluarkan Liverpool musim ini, hanya sedikit dari rekrutan mereka yang memberikan dampak (Simon Mignolet dan Mamadou Sakho). Banyak hal positif justru datang dari pemain yang dibawa Rodgers di musim 2012/13.

“Tujuan saya sebagai pelatih adalah membuat pemain lebih baik. Saya tahu konsekuensi dari itu adalah kemenangan,” katanya setelah kemenangan atas Norwich pada Minggu.

Performa Raheem Sterling menjadi bukti sahih. Rodgers memuji pemain 19 tahun sebagai pemain muda terbaik di Eropa setelah dua gol dan assist di Carrow Road. Sterling mulai matang dan mulai memancarkan reputasinya. Setelah tampil secara sporadis di awal musim, dia kini menjadi bagian penting dalam 11 kemenangan Liverpool dan diharapkan masuk skuat Roy Hodgson di Piala Dunia.

Manuel Pellegrini akan menunjuk cedera yang dialami Sergio Aguero sebagai alasan mengapa timnya tidak duduk di pucuk tabel saat ini - tapi Liverpool juga sempat tanpa Suarez di lima laga pembuka.

Jika Liverpool terus melaju dan memenangkan Liga Primer, Rodgers pantas mendapat setiap kolom pujian untuknya. Dalam wawancara yang sama dengan BBC di awal musim, dia mundur dari pertanyaan soal perebutan gelar. “Itulah tantangan kami,” gumamnya sebelum kembali menegaskan target utamanya adalah membawa klub kembali ke Liga Champions sebelum kontrak tiga tahunnya berakhir.

Target itu telah tercapai dan gelar pertama sejak 1990 menunjukkan titik terang. Jika ada satu pelajaran yang bisa dipetik dari Liverpool, Everton, Southampton dan Crystal Palace musim ini, metode kepelatihan dan rencana berbeda dapat melebihi skuat yang dibangun dengan dana melimpah.

0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa posting komentar